Profil Andres Iniesta: Si Lincah dari El Barca

Profil Andres Iniesta

Profil Andres Iniesta harus diketahui oleh pecinta El Barca maupun La Espana. Sebab, pemain mungil ini tergolong maestro yang pernah dimiliki Barcelona dan Tim Nasional Spanyol. Bahkan ia ikut andil membawa Spanyol meraih Treble Winner beberapa tahun yang lalu.

Bersama Xavi Hernandez dan Lionel Messi, Iniesta disebut-sebut biang dari lahirnya gaya permainan Tiki Taka ala Barca. Bisa dipastikan tanpa kehadiran tiga pemain ini, Pep Guardiola tidak mungkin mampu melahirkan permainan kocak satu dua tersebut. Maka wajar kalau keberadaan Andres Iniesta di lini tengah EL Barca tidak boleh diremehkan.

Profil Andres Iniesta

Andres Iniesta lahir pada tanggal 11 Mei 1984 di sebuah kota di Spanyol, Fuentealbilla. Di kota ini pula si mungil menghabiskan masa kecilnya bersama keluarga kecil yang bahagia. Sayangnya Iniesta tidak terlahir dari keluarga atlet, serta tidak ada darah olahragawan.

Sekalipun demikian Iniesta kecil sangat menyukai olahraga terutama sepak bola. Makanya di usia yang ke-12, dia dimasukkan ke akademi Barcelona, La Masia oleh kedua orang tuanya. Dari sejak itu, bakat sepak bola Iniesta terus bersinar hingga kelak menjadi pemain profesional berbakat.

Iniesta dan Barcelona

Andres Iniesta direkrut El Barca dari sekolah akademi La Masia bersama dengan Xavi Hernandez dan Lionel Messi. Tepatnya pada tahun 2002 yang mana di kala itu, Si Mungil tersebut masih berusia 18 tahun. Pada debut pertamanya Iniesta masih bermain sebagai pemain cadangan karena harus bersaing dengan pemain senior Barca yang lebih punya nama.

Baru pada musim 2004-2005 Andres Iniesta mendapatkan posisi sebagai pemain inti Barcelona. Tak dinyana, kepercayaan pelatih dibalas olehnya dengan permainan-permainan yang cantik. Sehingga pasca laga perdana tersebut, Iniesta selalu diturunkan dari menit awal babak pertama sebagai pemain gelandang serang.

Gaya Bermain Iniesta

Andres Iniesta memiliki gaya permainan flamboyan tetapi tetap tajam dan lincah. Jika dipandang sekilas, Iniesta terkesan bukan bermain sepak bola tetapi menari saking lembutnya ketika membawa bola. Justru ini yang menjadi kelebihannya yang terkadang membuat gelandang bertahan lawan lengah dan tidak memberikan pressing yang kuat.

Andres Iniesta memiliki jelajah permainan yang bagus. Bahkan ia tidak segan membawa bola ke bagian sisi, semata untuk membuka ruang bagi Xavi Hernandez dan Lionel Messi. Bisa dibilang tipikalnya sama dengan Xavi hanya Iniesta lebih kuat dari sisi menyerang.

Andres Iniesta dan Tim Nasional Spanyol

Karena memiliki gaya permainan yang baik, maka Tim nasional Spanyol pun memanggil Iniesta untuk ikut berlaga di laga-laga internasional. Debut pertamanya dimulai pada tahun 2001 yang mana di kala itu, Iniesta membela Tim Spanyol U-16. Yang luar biasa, Iniesta ikut andil memberikan gelar Euro U-16 yang membuatnya naik kelas ke Spanyol U-19.

Debut pertama Iniesta bersama Tim Spanyol senior adalah pada tahun 2006 ketika La Espana berjibaku di World Cup 2006. Sejak saat itu, dia selalu menjadi langganan Tim Nasional termasuk pernah mendapatkan Man Of The Match di Piala Eropa 2012. Hebatnya, ia juga ikut andil memberikan treble winners Piala Eropa 2008, World Cup 2010 dan Piala Eropa 2012 untuk Spanyol.

Iniesta dan Tiki Taka

Andres Iniesta adalah pemain Barcelona yang memiliki peran penting dalam melancarkan taktik Tiki Taka. Sebab, posisinya yang sebagai pemain tengah, menjadi titik tumpu permainan supaya umpan pendek satu dua benar-benar menguras energi gelandang lawan. Makanya pemain ini yang paling sering menyentuh bola selain Xavi dan Messi.

Karena alasan di atas, wajar kalau Iniesta disebut juga ikut andil membesarkan El Barca. Mungkin tanpa umpan-umpan magis-nya, kerja Lionel Messi di lini depan menjadi lebih sulit. Jadi sebagai penggemar yang baik, tentu Si Mungil tidak boleh dilupakan.

Nah, profil Andres Iniesta di atas seharusnya diketahui oleh seluruh penggemar Barcelona. Memang si pemain sudah tidak berbaju El Barca lagi, tetapi kontribusi yang besar tetap tidak boleh dilupakan. Tanpanya mungkin Barcelona tidak sehebat saat ini.

 

READ  Profil Antoine Griezmann, Penyerang Berbakat yang Sempat Diabaikan Banyak Klub

About the Author: Si Chan

You might like