Profil Antoine Griezmann, Penyerang Berbakat yang Sempat Diabaikan Banyak Klub

Profil Antoine Griezmann

Antoine Griezmann adalah seorang pesepakbola kelahiran Prancis yang kini dikenal sebagai salah satu penyerang klub Spanyol, Barcelona. Griezmann telah melalui perjalanan yang tak mudah untuk bisa memperkuat salah satu klub raksasa seperti sekarang. Untuk mengenal lebih dekat sosoknya, berikut adalah profil Antoine Griezmann.

Profil Singkat

Perjalanan karir Antoine Griezmann dimulai dari Mâcon, ibukota daerah Saône-et-Loire, Perancis. Di kota inilah Griezmann dilahirkan dari pasangan Alain Griezmann, seorang politikus kaya Prancis, dan Isabelle Griezmann, seorang penjaga rumah sakit. Griezmann memiliki darah Portugis dari sang kakek, Amaro Lopes, mantan pesepakbola Portugal.

Sebagai cucu seorang mantan pesepakbola, Griezmann memiliki minat terhadap olahraga yang paling digemari di dunia ini. Minatnya semakin tumbuh ketika menyaksikan gelar Piala Dunia 1998 yang kala itu dimenangi tuan rumah, Prancis. Selain mengidolakan timnas Prancis, Griezmann kecil juga mengidolakan Olympique Lyon.

Perjalanan Karir

Memulai karir sebagai pemain klub asal kota kelahirannya UF Mâcon, Griezmann mampu membuat banyak pemandu bakat meliriknya. Mulai dari pemandu bakat Saint-Étienne, Metz, Montpellier, hingga klub favoritnya, Lyon. Tapi dari sekian pemandu bakat, hanya pemandu bakat Real Sociedad lah yang akhirnya menyadari potensi Griezmann.

Sosok Antoine Griezmann dikenal memiliki postur tubuh mungil sehingga beberapa klub memandang sebelah mata dirinya. Tapi tidak dengan Real Sociedad. Melalui akademi Zubieta miliknya, Sociedad berhasil membina Griezmann menjadi pemain berbakat. Ia bahkan memenangkan gelar Segunda División di musim perdananya bersama tim senior Sociedad.

Lima musim berselang, Antoine Griezmann meninggalkan Sociedad untuk bergabung dengan Atlético Madrid dengan biaya transfer sekitar 30 juta euro. Di klub ini, Griezmann mendapat peran sebagai penyerang setelah ia kerap dimainkan sebagai winger di Sociedad. Meski berganti posisi, Griezmann beradaptasi dengan baik dan tampil semakin impresif.

Bersama klub ibukota Spanyol, Griezmann menjelma menjadi sosok penting klub yang memenangkan beragam gelar juara. Di antaranya adalah gelar Europa League musim 2017/2018, Supercopa de España 2014 dan UEFA Super Cup 2018. Griezmann juga memenangkan sejumlah penghargaan individu bersama Atlético.

Performa impresif Griezmann membuat Barcelona berani menebusnya senilai 120 juta euro untuk didatangkan ke Camp Nou pada awal musim 2019/2020. Kala itu, ia menjadi pemain termahal dunia ke-4 sepanjang masa. Sayang, di musim perdananya,Griezmann gagal membantu Barca pertahankan gelar La Liga.

Selain memenangkan tampil impresif klub, Antoine Griezmann juga telah tampil impresif bersama timnas Prancis. Pada tahun 2016 lalu, mantan pemain timnas Prancis junior sukses bawa tim senior Prancis melaju ke final Euro 2016. Sedang pada tahun 2018, Griezmann sukses menjuarai Dunia 2018 di Rusia, serta meraih Silver Boot dan Bronze Ball di ajang itu.

Kehidupan Pribadi

Sejak tahun 2011, Griezmann menjalin hubungan dengan Erika Choperena, wanita yang ia nikahi pada 15 Juni 2017. Bersama Erika, Griezmann dianugerahi dua orang anak yang masing-masing dinamai Mia dan Amaro. Anak pertama Griezmann lahir pada 8 April 2016, sementara anak ke-2 nya lahir pada 8 April 2019.

Sepanjang karirnya, Griezmann pernah melakukan sejumlah kontroversi, salah satunya adalah pada 17 Desember 2017. Kala itu, ia bergaya seperti pemain klub basket Harlem Globetrotter serta mendandani tubuhnya menjadi hitam dan mengenakan wig. Setelah dikritik banyak orang, Griezmann menghapus foto itu dan meminta maaf lewat akun Twitternya.

Di samping sepakbola, Griezmann juga dikenal gemar menekuni hobinya bermain video game. Bahkan, demi menyalurkan kegemarannya itu, Griezmann membentuk tim e-sportnya sendiri pada Januari 2020 yang diberi nama Grizi Esport. Grizi Esport memiliki beberapa divisi, yakni Fortnite, League of Legends, Rainbow Six Siege, FIFA dan CS:GO. Itulah profil Antoine Griezmann yang sangat menarik untuk disimak para pecinta sepak bola.

 

READ  Profil Son Heung Min, Penyerang dari Asia Yang Masuk Kancah Eropa

About the Author: Si Chan

You might like