Profil Son Heung Min, Penyerang dari Asia Yang Masuk Kancah Eropa

Profil Son Heung Min

Pemain yang bernama Son Heung Min ini merupakan seorang pemain sepak bola asal Korea Selatan. Heung Min adalah seorang penyerang dan kini aktif dengan klub Tottenham Hotspur. Pria ini pernah mengharumkan Benua Asia dengan prestasinya menjadi pemain Asia pertama yang meraih penghargaan menjadi pemain terbaik bulanan Premier League. Ingin tahu informasi lengkap mengenai profil Son Heung Min? Simak penjelasan berikut!

Biografi singkat Son Heung Min

Son Heung Min lahir di Korea Selatan tepatnya di kota Chuncheon pada 8 Juli 1992. Dia merupakan putra dari pasangan Son Wong Jung  dan Kill Eun Ja. Heung Min mempunyai 1 saudara laki-laki yang berusia 3 tahun lebih tua.  Bakat sepak bola Son Heung Min menurun dari sang ayah yang dulunya juga pemain sepak bola. 

Kini ayah Son Heung Min sudah beralih menjadi manajer sepak bola. Saat kecil, Son Heung Min besar di Selandia Baru  hingga usia 9 tahun. Di usia 9 tahun tersebut Son Heung Min kembali ke Korea. Kecintaannya akan sepak bola sudah ada sejak ia di sekolah dasar. Bakatnya terus tumbuh seiring berjalannya waktu.

Perjalanan Awal Sepak Bola Son Heung Min

Setelah menyelesaikan Pendidikan sekolah menengah pertama, Son Heung Min bergabung dengan akademi Seoul FC. Pemain sepak bola panutannya saat muda adalah seorang gelandang Lee Chung Yong. 

Son Heung Min berhenti sekolah di Seoul FC di tahun 2008, namun kemudian bergabung dengan akademi lain yaitu Hamburger SV. Di akademi inilah karir  Son Heung Min sedikit demi sedikit semakin naik. Pada tahun yang sama saat ia bergabung dengan Hamburger SV di tahun 2009, ia dipercaya untuk ikut andil dalam ajang piala dunia U-17 membela Korea Selatan.

Karir Klub Son Heung Min

Di usia Son Heung Min yang ke 18, pria ini menandatangani kontrak professional pertamanya dengan klub Hamburger SV. Setelah gol yang dimasukkannya dalam kendang Chelsea, Son Heung Min mulai dilirik klub bola Eropa. Permainannya yang lincah dan professional juga menjadi ketertarikan tersendiri.

Saat musim 2010/2011 Son Heung Min menorehkan prestasinya kembali dengan menyabet gelar sebagai pemain termuda Hamburg yang mencetak gol. Bahkan Son Heung Min melampaui catatan Manfred Kaltz.

Musim selanjutnya, Son Heung Min menampilkan penampilan gemilangnya saat berhasil mencetak 5 gol dari 30 penampilan. Oleh karena itu, Son Heung Min telah menyumbang  20 gol dari 78 penampilan untuk Hamburger SV.

Setelah bergabung dengan Hamburger SV selama 3 tahun, pria ini berpindah ke klub Bayern Leverkusen dengan biaya transfer 10 juta euro. Biaya ini merupakan biaya paling mahal yang dikeluarkan Bayern Leverkusen.

Tidak sia-sia Bayern Leverkusen membayar mahal Son Heung Min, karena pria ini menyumbang 29 gol dari 78 penampilan, yang salah duanya adalah gol hattrick. Profil Son Heung Min yang luar biasa inilah mampu menarik perhatian klub besar Tottenham Hotspur.

Klub Tottenham Hotspur pun berani mengeluarkan biaya 30 juta euro untuk biaya transfer Son Heung Min. Hal inilah yang menjadikan Son Heung Min menjadi pesepakbola termahal yang berasal dari Asia. Rekor ini mengalahkan rekor pesepakbola Asia termahal sebelumnya yaitu Shinji Kagawa.

Satu demi satu prestasi Son Heung Min terus membludak baik saat dirinya bersama tim nasional maupun tim senior. Hingga saat ini Son Heung Min telah menyabet gelar pemain terbaik Asia 4 kali, Pemain terbaik bulanan Tottenham Hotspur dan pemain terbaik Korea 3 kali.

Itulah Profil Son Heung Min, penyerang asal Asia yang  berhasil masuk kancah eropa. Dengan kepopulerannya tersebut, kini Son Heung Min  bahkan menjadi brand ambassador Adidas Korea Selatan. Prestasi yang sangat patut untuk dicontoh!

 

READ  Profil Antoine Griezmann, Penyerang Berbakat yang Sempat Diabaikan Banyak Klub

About the Author: Si Chan

You might like